TNI  

Peringati HUT RI ke-77, Prajurit Puslatpurmar-5 Baluran Kibarkan Sang Saka Merah Putih Didasar Laut

Situbondo, KLIKBULETIN.COM – Prajurit Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) – 5 Baluran Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) mengibarkan Sang Saka Merah Putih di bawah laut di pantai Ketapang Indah, atau dikenal masyarakat setempat dengan julukan pantai gatel, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu (17/08/2022).

Turut hadir dalam acara pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih, Letkol Marinir Agus Wahyudi (Danpuslatpurmar – 5 Baluran) beserta Seluruh Perwira Puslatpurmar -5 Baluran, Letkol Marinir Yudha (Pas Log Kolatmar), Mayor Marinir Dadang W., M. Tr. Opsla., (Danpuslatsusmar), Anang Suhariyanto, S.Sos (Camat Banyuputih), AKP Heru Purwanto, S.H., (Kapolsek Banyuputih), Letda Inf. Suyitno (PJ Danramil 0823/08 Banyuputih), Imam Anshori, S.Pt (Kades Sumberwaru), tokoh agama dan tokoh masyarakat desa Sumberwaru.

Pengibaran bendera itu dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 tahun 2022 yang dilaksanakan serentak di 77 titik di Indonesia dengan mengusung tema tentang “Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat” kali ini, bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) Komandan Puslatpurmar -5 Baluran, Letkol Marinir Agus Wahyudi dan sebagai komandan upacara (Dan Up) Komandan Detasemen Pelatih Menembak Puslatpurmar – 5 Baluran, Mayor Marinir Kamilus Kia Pati sebagai prajurit pengibar bendera di dasar laut.

BACA JUGA :  Babinsa Koncer Kidul, Generasi Muda Harus Punya Jiwa Nasionalisme

Acara pengibaran bendera sebelumnya diawali dengan penyerahan Bendera Merah Putih dari Bupati Situbondo, Drs. H. Karna Suswandi, MM, Sabtu (13/08/2022). Kepada Komandan Puslatpurmar – 5 Baluran, Letkol Marinir Agus Wahyudi untuk dikibarkan di bawah laut pantai Ketapang Indah atau dikenal pantai gatel dengan kedalaman 10 meter.

Secara terpusat pengibaran Sang Saka Merah Putih di bawah laut dilaksanakan di Pulau Putri Kepulauan Seribu yang dipimpin Wakasal, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE.,MM.

Prajurit Jalasena Samudera TNI AL adalah prajurit petarung yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan, dari dasar samudera hingga permukaan laut Nusantara, demi kejayaan dan kemakmuran bangsa Indonesia.

BACA JUGA :  Kodim 0822 Bondowoso Menerima Kunjungan Wasrik Current Audit Itdam V Brawijaya

Pada kesempatan tersebut Danpuslatpurmar-5 Baluran, Letkol Marinir Agus Wahyudi membacakan taklimat Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE., MM.

” Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini, Rabu 17 Agustus 2022 secara serentak kibarkan sang merah putih di samudera Indonesia, “ucapnya.

Kemudian, saat dikonfirmasi awak media usai acara mengatakan, bahwa pengibaran bendera pada kedalaman 10 (sepuluh) meter di bawah laut itu merupakan perintah dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI AL.

” Pengibaran ini agar memeriahkan HUT RI ke-77 dan menguatkan semangat nasionalisme secara serentak untuk menggelar upacara dan mengibarkan bendera merah putih di bawah laut, “ujar Danpuslatpurmar-5 Baluran.

Lebih lanjut, Danpuslatpurmar-5 Baluran juga menjelaskan, pengibaran bendera di bawah itu mengisyaratkan TNI AL siap untuk menjaga kedaulatan dan keamanan di seluruh Indonesia. Pengibaran ini juga bertujuan untuk membangkitkan kembali kejayaan maritim, untuk Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

BACA JUGA :  Penyesuaian Harga BBM, Pengendara Motor dan Truk Tebu di Malang Menilai Biasa Saja

” Dengan adanya kegiatan tersebut kita dapat melihat betapa luasnya laut Nusantara dengan berjuta kekayaan didalamnya, yang harus tetap terjaga keutuhannya dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote yang menjadi bukti kejayaan perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia, “tutupnya.

Sementara itu, bertindak sebagai pengibar bendera merah putih di bawah laut adalah 6 Prajurit Puslatpurmar – 5 Baluran Kolatmar di bawah pimpinan Lettu Marinir Ahmad Ilyas yang sehari harinya menjabat sebagai Kepala Seksi Pengamanan Puslatpurmar -5 Baluran, Letda Marinir Kiki Resky Eka R, Serma Marinir Rifa’i, Serda Marinir Yunus Santoso, Serda Marinir Didik Rudianto dan Praka Marinir Pratama Bayu. (Red)